Sejarah

SMAN 1 Ciamis mulai dirintis pada tahun 1959 oleh tim pendiri yang dipimpin oleh Rd. Dodo Natapura, Kepala SMPN 1 pada waktu itu.

Pada fase persiapan ini, SMAN 1 Ciamis berlokasi di Amarjiwa, bekas bangunan SGB III Ciamis. Pada tanggal 15 Oktober 1959 SMA Persiapan Negeri Ciamis resmi menjadi SMA Negeri Ciamis dengan SK Mendikbud nomor 72/SK/B/III/1959. Tanggal 1 April 1960, barulah SMA Negeri Ciamis mempunyai kepala sekolah yang definitif, yakni Daman Saputra.

Beberapa bulan kemudian SMA Negeri Ciamis berpindah alamat ke Jl. Ir. H. Juanda, dan menetap selama 3 tahun di lokasi tersebut. Pertengahan tahun 1963 berpindah lagi dengan menempati dua lokasi, yakni Sikuraja dan Selagangga. Adapun bangunan lamadigunakan oleh SMEA Negeri Ciamis. Bangunan yang juga pernah digunakan oleh SLBN Ciamis ini sekarang digunakan sebagai kompleks Mess Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis. Barulah tahun 1964, SMA Negeri ciamis memiliki bangunan sendiri di Jln. Gunung Galuh. Gedung ini dibangun oleh Panitia pendirian Gedung SMA Negeri Ciamis yang diketuai oleh Bapak Kapten Atju Syamsudin, waktu itu menjabat sebagai Komandan PEKUPER Ciamis. Panitia ini berhasil membangun 1 unit sekolah dengan ruang belajar sebanyak 23 lokal dilengkapi Kantor, WC, Garasi dan rumah jaga.

Pada tanggal 7 Maret tahun 1997 SMAN 1 Ciamis berubah nama menjadi SMUN 1 Ciamis sesuai dengan SK Mendikbud Nomor 035/0/1997 tentang perubahan nomenklatur SMA menjadi SMU. Dan pada tahun 2003 berubah menjadi SMAN 1 Ciamis sejalan dengan diberlakukannya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang pada Pasal 18, ayat 3 menyatakan :Pendidikan menengah berbentuk Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), atau bentuk lain yang sederajat.

SMA Negeri 1 Ciamis berada di Desa Ciamis, Kecamatan Ciamis, kurang lebih 500 meter barat daya Kantor Bupati Kabupaten Ciamis. Lingkungan sekitar sekolah dikelilingi pemukiman penduduk yang relatif padat. Berdekatan dengan mesjid, pemakaman mantan Bupati Ciamis, Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Puskesmas, SLTP 1, SLTP 4, SLTP 5 Ciamis, dan beberapa sekolah dasar.

SMAN 1 Ciamis telah berkembang menuju sekolah tipe A yang paripurna. Apalagi dalam kondisi itu, SMAN 1 Ciamis telah memperlihatkan berbagi prestasi yang dapat dibanggakan, paling tidak dapat dijadikan tumpuan harapan akan tercapainya tujuan tersebut. Maka tidaklah berlebihan bila SMAN 1 Ciamis menjadi sekolah mandiri yang berwawasan internasional sesuai dengan semboyannya GOALS (Global Oriented Absolute Leading School).

(Artikel ini diambil langsung dari situs SMAN 1 Ciamis) red*